Puisi Tema Merdeka ( Menulis Puisi 21 Tema Part 2)


Hai sahabat Lage ketemu lagi dengan program Kamis Menulis Komunitas Lagerunal.

Kali ini Bang Mazmo mengundi 3 tema yang masih tersisa. Setelah diputar ternyata yang keluar adalah tema "Merdeka".

Karena aku sedang dalam usaha membuat puisi 21 tema, maka tema merdeka saya masukan dalam usaha untuk memenuhi tantangan tersebut dan sekaligus aku  ikutkan dalam program Kamis Menulis.

Baiklah Sahabat Lage, ini lah puisiku hari ini.

Puisi Tema Merdeka

Anugerah Merdeka

Mohamad  Bajuri

Sebelum Tanggal tujuh belas bulan Agustus
Hari Jumat Kliwon penuh misterius
Kondisi negara sangat genting dan serius
Penuh curiga sarwa desas desus

Hanya satu tuju hakiki
Merdeka atau mati
Berdiri penuh harga diri
Demi martabat bukan ambisi

Di Pegangsaan Timur Jakarta
Proklamasi didengungkan gempita
Seluruh rakyat diguyur   suka cita
Terlepas bebas dari derita

Merdeka!!
Gaungnya menyebar ke seluruh dunia
Menggetarkan dada membangkitkan cita
Berkat dari Tuhan Maha Pencipta


Kebumen, 2 September 2021

Pesan Guru

Wejangan Guru Untuk Murid

Muridku ..., 
Engkau kuanggap sebagai anakku
Aku mencintaimu sebagaimana aku mencitai anak kandungku
Maka dengarkanlah aku

Nak ...
Hidup tidaklah mudah
Butuh perjuangan dan pengorbanan
Juga keiklasan dan kesungguhan

Nak ...
Belajarlah dengan sungguh-sungguh
Tekuni hindari keluh
Niscaya cita dapat kau rengkuh

Nak, bila engkau sudah jadi orang
Jangan lupakan mereka yang berjuang
Mereka yang sibuk tunggang langgang
Demi menghantarmu dalam ranah gemilang

Kebumen, 2 September 2021


Tema Hujan

Membingkai Buncah

Mohamad Bajuri

Kala aku masih bocah, 
Hujan adalah berkah
Membiarkan tubuh kering membasah
Bermain di bawah rintiknya sangatlah bungah
Berlari dan menari membingkai buncah
Tak terbersit takut dan lelah
Hanya bahagia yang singgah
Hingga suara ibu memanggil memecah
Kuciwa tak dapat kucegah
Senangku berakhir sudah
Aku hanya pasrah
Ketika tanganku ditarik seperti sapi perah
Aku diam mengalah


Kebumen, 2 September 2021











 

Puisi Tema Merdeka ( Menulis Puisi 21 Tema Part 2) Puisi Tema Merdeka ( Menulis Puisi 21 Tema Part 2) Reviewed by Mohamad Bajuri on September 02, 2021 Rating: 5

16 komentar:

  1. Salut nih. Panjang nulis puisinya. salam literasi Pak

    BalasHapus
  2. Luar biasa Pak beje..puisinya kereen

    BalasHapus
  3. Dan Hujan selalu menjadi berkah bagi yang selalu Pasrah Pada kehendak Allah😁🤲

    BalasHapus
  4. Keren nih puisinya. Aku suka puisi yg berjudul Wejangan Guru Untuk Murid

    BalasHapus
  5. Makin keren dan konsisten dengan puisi-puisnya Pak.

    BalasHapus
  6. Wah puisinya lengkap dengan wejangan siswa. Mantap Mister sang penyair merdeka

    BalasHapus
  7. Puisinya sampai terurai sekali... Keren...

    BalasHapus
  8. Puisi adalah bentuk literasi yang sangat menarik, maknanya dalam dan isinya pun bisa menginspirasi orang lain. Salut buat mister!

    BalasHapus
  9. Mister beje, puisi merdeka-nya saya suka sekali. Heroik.

    BalasHapus

Postingan Populer

Ringkasan Materi Renang Gaya Bebas

  Penulis sedang berada di CB Kutowinangun .Dokpri. Ringkasan Materi Renang Gaya Bebas Posisi Tubuh : Telungkup: Posisi tubuh terlentang den...

Diberdayakan oleh Blogger.