KISI KISI DAN PETUNJUK PELAKSANAAN UM PJOK MTS KABUPATEN KEBUMEN TAHUN
PELAJARAN 2020/2021
I.
Kisi-kisi
No |
KI |
IPK |
Materi |
Indikator |
Level |
Bentuk Ujian |
1 |
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori |
Melakukan berbagai bentuk latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dan pengukuran.
Menggunakan berbagai
bentuk latihan kebugaran jasmani
yang terkait dengan kesehatan dan
pengukurannya dalam bentuk sirkuit training |
Kebugaran Jasmani |
Disajikan salah satu bentuk Tes Pengukuran Kebugaran Jasmani (Kelincahan) dari Komponen Cirkuit Training (Shuttle
Run). Peserta didik dapat mempraktikan dengan baik dan benar sesuai
dengan petunjuk pelaksanaan.
serta dapat menghitung, menganalisis, dan mengklasifikasikan
hasil prestasi tes pengukuran tersebut
ke dalam Tabel Pengukuran Kemampuan Kebugaran Jasmani
(Kelincahan) dari tes bolak-balik (Shuttle
Run).
|
Psikomotor (Artikulasi) |
Penialain produk |
II. PETUNJUK PELAKSANAAN
PENUGASAN DAN PENILAIAN PRODUK
TES BOLAK-BALIK (SHUTTLE RUN)
A.
Tes Pengukuran Kelincahan (Shuttle Run)
Tes pengukuran kelincahan
dilakukan dengan cara melaksanakan tes lari bolak-balik (shuttle run), tes
diukur menggunakan stopwatch.
Untuk mengukur kelincahan diukur
dengan tes lari bolak-balik dengan cara sebagai berikut :
1.
Prosedur Pelaksanaan
- Pada aba – aba “ bersedia” setiap teste berdiri di belakang garis lintasan.
- Pada aba-aba “siap” testee dengan start berdiri dan siap lari.
- Dengan aba-aba “ya” testee segera lari menuju garis kedua dan setelah melewati kedua garis kedua segera berbalik menuju garis start.
- Lari dari garis start atau garis pertama menuju ke garis kedua dan kembali ke garis start di hitung 1 kali.
- Pelaksanaan lari dilakukan sampai ke empat kalinya bolak – balik sehingga menempuh jarak 40 meter.
- Setelah melewati garis finish digaris ke dua, stopwatch dihentikan.
- Catatan waktu untuk menentukan norma kelincahan dihitung sampai persepuluh detik (0,1detik) atau perseratus detik (0,01 detik)
2.
Alat yang Digunakan
a) Stopwacth sesuai kebutuhannya
b) Lintasan lari datar panjang minimal 10 meter.
3.
Gambar Lintasan dan Pelaksanaan Tes Bolak-Balik
(Shuttle Run)
Keterangan Gambar :
A
= Lintasan lari
h
= Garis start dan garis finish (menggunakan start berdiri)
C1 = Tempat balok kayu akan dipindahkan
= Balok kayu sejumlah 2 buah
Apabila tidak tersedia bisa
menggunakan barang lain untuk mengganti , misalnya kotak
kecil, botol plastik dsb (kecuali
barang-barang yang mudah menggelinding saat diletakan
= Arah lari bolak-balik saat menggambil
balok.
4.
Tabel Pengukuran Tes Bolak-balik (Shuttle Run)
Laki-laki |
Perempuan |
||||
NO |
Norma |
Prestasi (detik) |
NO |
Norma |
Prestasi (detik) |
1 |
Baik Sekali |
< 12.10 |
1 |
Baik Sekali |
<12.42 |
2 |
Baik |
12.11 – 13.53 |
2 |
Baik |
12.43 – 14.09 |
3 |
Sedang |
13.54 – 14.96 |
3 |
Sedang |
14.10 – 15.74 |
4 |
Kurang |
14.97 -16.39 |
4 |
Kurang |
15.75 -17.39 |
5 |
Kurang sekali |
> 16.40 |
5 |
Kurang sekali |
>17.40 |
5. Blog dan Video Tutorial Pelaksanaan Tes Bolak-balik
B.
Petunjuk Pengumpulan Hasil
1. Silahkan rekam pelaksanaan test pengukuran tersebut dan uploud kedalam chanel you tube masing-masing, kemudian salin atau copy link you tube tersebut untuk dimasukan dalam google form pengumpulan tugas.
2. Silahkan masukan hasil pengukuran pada isian dan pilihan yang tersedia
a. Hasil test
: …….. detik
b. Kategori :
Sangat baik/ baik / cukup/ kurang / kurang sekali
(silahkan Lingkari sesuai hasil tes pengukuran yang kalian praktikkan)
3.
Pengumpulan hasil :
Silahkan masukan hasil test pengukuran dan link you tube pelaksanaan tes
dikirim melului link google form dibawah ini
:
Ket : masing-masing guru membuat link
pengumpulan hasil sendiri–sendiri
Contoh :

Tidak ada komentar: