Roman, Murid Tanpa Dosa


Kamis Menulis datang kali ini. Artinya hari ini adalah hari Kamis. Tema yang diusung oleh sang punggawa adalah roman. Kupikir kata itu identik dengan romantis. Untuk memastikan arti yang sebenarnya aku berusaha untuk mengecek di KBBI melalui google. 

Arti roman menurut KBBI adalah rupa muka, wajah. Contoh: Roman gadis itu seperti ibunya. Nah ternyata arti menurut KBBI tidak sesuai dengan dugaanku kan. Berbeda juga dengan roman iraman loh Bang Rizky. Pokoknya beda.

Berbeda juga dengan roman yang satu ini. Roman yang ini sebetulnya memiliki penampilan fisikyang menarik. Postur tubuhnya sedang dengan rambut hitam legam sedikit jatuh. Wajahnya cerah sebening kulitnya yang kuning langsat. Bersih mulus tanpa bekas jerawat di wajah. Roman mukanya lugu nyaris tanpa dosa. 

Setiap aku sapa dia, senyum lugu selalu menghiasi mukanya. Aku sampai berpikir bahwa anak ini tanpa masalah dalam kehidupannya. It's oke-oke wae. It's going easy. Enjoy saja dalam menjalani kehidupannya.



Walaupun demikian Roman memiliki kekurangan yang kadang bikin aku sebagai gurunya jengkel. Beberapa kali dia tidak masuk sekolah tanpa surat keterangan, ataupun chat wea. Kalau dibilangain hanya ya ya saja(enggeh enggeh neng ora kepanggih, bahasa jawa). Ketika setoran tahfidz suaranya tidak begitu jelas, cenderung sedikit bergumam. 

Ketika vaksinasi tahap satu dan dua dia juga tida datang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Ditelepon tidak diangkat, padahal gawainya berdering. Aku mencoba menghubungi lewat chat wea, namun tidak dibalas. Suatu saat ketika aku bertemu dia di kelas aku menanyakan alasan kenapa tidak ada konfirmasi jawaban. Alasan yang dikemukakan cukup simpel," Maaf Pak Guru aku tidak ada kuota". Nah !!!

Roman, aku dan teman-temannya memanggil dia seperti itu. Padahal nama sebenarnya adalah Nurrohman. Ya dialah Roman, muridku yang tanpa dosa. 


Suatu waktu aku pernah bertanya kepada dia. Setelah lulus dari sekolah mau melanjutkan kemana? Sungguh jawabannya membuat aku sebagai guru bangga. Dia menjawab dengan singkat dan padat. Mondok. Dia beralasan karena kakak-kakanya juga mondok. Rencananya dia akan mondok di pondok Tegalrejo Magelang. Pondok milik Mbah Khudori. Aku berdoa semoga dia menjadi laki-laki yang sholeh berguna bagi nusa dan bangsa. Aamiin.

 

MTsN 3 Kebumen memperingati Hari Peduli Sampah Nasional

Video Puisi Bidadari Cintaku Karya Mohamad Bajuri


Roman, Murid Tanpa Dosa Roman, Murid Tanpa Dosa Reviewed by Mohamad Bajuri on Februari 24, 2022 Rating: 5

6 komentar:

  1. Aamiiin..
    Nah ini Roman yg ke 7. Krn di KBBI baru 6.😁

    BalasHapus
  2. Roman tanpa dosa....difoto mungkin sangat polos ya Mr. Beje. Lanjut Bung tulisannya.ditunggu

    BalasHapus
  3. Aamiin ya Allah. Doa tulus dari seorang guru. Luar biasa

    BalasHapus
  4. Roman yang penuh keluguan. Tapi bikin gemes juga ya. Semoga sukses dengan cita-citanya mondok.

    BalasHapus

Postingan Populer

Ringkasan Materi Renang Gaya Bebas

  Penulis sedang berada di CB Kutowinangun .Dokpri. Ringkasan Materi Renang Gaya Bebas Posisi Tubuh : Telungkup: Posisi tubuh terlentang den...

Diberdayakan oleh Blogger.