TIPS MEMBUAT KEPUTUSAN DI SAAT SITUASI YANG SULIT


Suatu saat mungkin anda pernah dihadapkan pada sebuah situasi dimana anda harus mengambil sebuah keputusan di saat muncul beberapa permasalahan secara bersamaan. Ada beberapa kegiatan yang muncul secara berbarengan yang harus dijalani, sementara menurut anda semua kegiatan itu penting semua. Anda akan merasa tidak enak dan nyaman jika anda meninggalkan salah satu kegiatan tersebut.

Untuk menggambarkan situasi tersebut secara gamblang, saya akan menceritakan sebuah kisah. Mungkin diantara anda pernah mengalami hal seperti ini. 

Saya umpamakan anda adalah seorang guru pada sebuah sekolah negeri di kota anda. Pada hari itu anda mempunyai kewajiban untuk segera menyelesaikan pembuatan nilai akhir dan mengaplaudnya pada hari itu juga. Kalau anda tidak berhasil menyelesaikan permasalahan itu, nama anda akan jatuh di mata teman dan juga atasan anda. Apalagi anda adalah seorang ASN penerima tunjangan setifikasi. Masa untuk menyelesaikan kewajiban seperti itu saja anda tidak mampu. Apa kata dunia. Nah Loo.

Di hari itu juga anda mendapat undangan untuk menghadiri pernikahan tetangga dekat anda. Rumah anda bersebelahan persis dengan rumah yang sedang punya hajatan. Kalau anda tidak bisa menghadiri undangan tetangga anda tersebut, kira-kira apa yang akan dikatakan tetangga anda dan juga orang yang punya hajatan. Mungkin anda akan dikatakan orang yang tidak punya rasa sosial, egois dan tidak punya rasa malu. Emangnya anda itu hidup sendiri tidak butuh akan bantuan orang lain. Padahal ketika anda sedang punya hajatan, anda membutuhkan tenaga mereka, tetangga anda. Duhhh.

Di hari itu juga anda mendapat kabar bahwa guru anda dulu ketika masih duduk di bangku sekolah menengah atas meninggal. Anda sangat kenal betul dengan sang guru tersebut. Anda juga berfikir kalau beliau adalah orang yang sangat berjasa dalam hidup anda. Masa di saat terakhir dalam hidup beliau anda tidak bisa hadir atau sekedar datang pada acara pelepasan jenazah. Di mana nurani anda? Di mana rasa hormat anda pada guru anda? Di mana rasa terima kasih anda pada guru anda yang membuat anda sudah menjadi orang hebat, terhormat dan punya penghasilan yang sangat layak. Di mana logika anda? Haaah....!

Anda pasti bingung dalam memutuskan kegiatan apa yang akan lakukan. Sementar tidak mungkin anda melakukan semua kegiatan tersebut secara bersamaan. Sebaliknya juga tidak mungkin anda meninggalkan ketiga-tiganya, tetap harus ada dilakukan dengan penuh keyakinan, bahwa keputusan yang anda ambil adalah benar. Walaupun harus mengesampingkan beberapa hal. 

Kita tunggu kelanjutan tulisan ini besok ya.

TIPS MEMBUAT KEPUTUSAN DI SAAT SITUASI YANG SULIT TIPS MEMBUAT KEPUTUSAN DI SAAT SITUASI YANG SULIT Reviewed by Mohamad Bajuri on Desember 16, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Postingan Populer

Ringkasan Materi Renang Gaya Bebas

  Penulis sedang berada di CB Kutowinangun .Dokpri. Ringkasan Materi Renang Gaya Bebas Posisi Tubuh : Telungkup: Posisi tubuh terlentang den...

Diberdayakan oleh Blogger.